Pantangan Makanan Penderita Asma , Bagi anda penderita asma berobat saja tidak cukup tanpa diabarengi pola hidup sehat khususnya dari faktor makanan  , faktor makanan merupakan salah satu paling dominan yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita. untuk itu kami bagikan informasi yangdikutip dari berbagai sumber mengenai makanan apa saja yang menjadi pantangan makanan bagi penderita asma

Berikut InI Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asma :

Untuk mencegah dan menghindari resiko kambuhnya penyakit asma, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari. Berikut ini beberapa pantangan makanan penderita asma.

1. Jus Lemon atau Limun Buatan

Meminum lemon atau air jeruk nipis sungguhan jauh lebih bagus. Meskipun sedikit merepotkan, tetapi rasanya lebih segar dan penderta asma dapat bernapas lebih lega.

2. Bir, Anggur, dan Minuman Fermentasi Lain

Minuman semacam ini akan menyebabkan kesulitan bernapas pada penderita asma setelah dikonsumsi. Kandungan sulfitnya lah yang menyebabkannya.\

3. Buah atau Sayuran Kering

Selain buah-buahan kering seperti kismis, nanas, aprikot dan cranberry, makanan lain yang harus dihindari adalah ceri maraschino dan guacamole, makanan tradisional Meksiko yang terbuat dari bahan dasar alpukat, ditambah dengan lemon dan garam.

4. Acar

Acar dan paprika sebaiknya dihindari jika sensitif terhadap sulfit.

5. Kentang kemasan

Makanan seperti kentang goreng dan kentang kering juga mengandung sulfit, jadi berhati-hatilah. Menu kentang dapat diganti dengan menu yang lebih sehat dengan kentang manis panggang atau kentang panggang dengan ditambahi minyak zaitun.

6. Udang

Udang beku juga mengandung sulfit. Sulfit digunakan sebagai zat tambahan untuk mencegah munculnya bintik-bintik hitam pada udang. Akan lebih baik jika mengkonsumsi udang segar. Meskipun mungkin lebih mahal, tapi akan membuat penderita asma merasa lebih baik untuk jangka panjang.

7. Makanan Lain yang Mengandung Sulfit

Makanan lain yang mengandung sulfit adalah asparagus, pati jagung, telur, selada, sirup maple, salmon, produk kedelai dan tomat.

Tips Untuk Penderita Asma

* Selalu minum air putih sebanyak-banyaknya untuk menjaga agar sekresi tidak menggumpal (2 sampai 3 liter perhari)

* Mencari penyebab asma dan menghindari atau menghilangkan alergen atau iritan baik di rumah atau di kantor.

* Mengambil langkah-langkah khusus untuk menjaga agar tempat tidur bebas dari alergen.

* Tidur dengan menggunakan bantal sintetis, tidak melulu bulu saja.

* Tidak merokok dan hindari diri dari polusi udara

* Mamakai cadar di mulut dan hidung ketika berjalan atau berolah raga di udara dingin untuk memanaskan udara sebelum udara mencapai saluran udara di dalam tubuh yang sensitif.

* Tidak melanjutkan olah raga ketika anda sadar sering bersin-bersin.

* Menghindari makanan dan obat-obatan yang mengandung sulfit, yang biasa digunakan sebagai pengawet makanan dan sering dijumpai pada kerang dan anggur. (Sulfit bisa memicu serangan asma, angkanya kira-kira 10 persen dari penderita asma).

* Duduklah selama serangan asma, tidak berbaring.

* Selalu mengusahakan kotak obat asma tetap terbuka untuk meredahkan serangan asma sedini mungkin.

* Selalu berhati-hati dalam menggunakan aspirin, beberapa asmatik sangat alergi terhadap aspirin. Alternatifnya gunakan asetaminopen.