Makanan yang harus dihindari penderita asam urat cukup beragam. Makanan-makanan itu harus dihindari, karena dapat menimbulkan kekambuhan pada asam urat. Seperti yang kita ketahui, jika asam urat sedang kambuh, sakitnya tidak tertahankan. Asam urat sendiri terjadi akibat kadar zat purin berlebih di dalam darah. Akibat dari zat purin yang berlebih ini, maka akan mengakibatkan penumpukan kristal asam urat pada sendi-sendi tulang. Asam urat bisa mengalami kekambuhan yang diakibatkan oleh banyak hal. Salah satu hal yang menyebabkan kekambuhan asam urat adalah makanan.

Selalu Perhatikan Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Pengobatan untuk asam urat harus dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Terapi yang biasanya diberikan dokter, tujuannya untuk membuat asam urat tidak kambuh. Penderita asam urat harus selalu sadar bahwa ia mempunyai makanan-makanan pantangan yang sangat tidak boleh untuk dikonsumsi. Jika makanan-makanan ini dikonsumsi, maka akan menyebabkan kekambuhan yang berujung sakit. Inilah beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat :

  • Bijian-bijian dan kacang-kacangan

    Bagi orang yang tidak mengalami asam urat, biji-bijian dan kacang-kacangan sangat disarankan. Kedua jenis bahan konsumsi ini mempunyai berbagai nutrisi bermanfaat untuk tubuh. Bagi penderita asam urat, biji dan kacang kurang baik, karena mengandung purin. Apalagi melinjo, kandungan purinnya sangat tinggi.

  • Gula

    Kandaungan purin yang ada di dalam gula, sebetulnya cukup rendah. Namun, ada kondisi medis lain yang bisa memperparah gejala asam urat, jika tidak dibatasi memakan gula. Jika memang ingin makan yang manis, penderita bisa menjadikan buah-buahan sebagai alternatifnya.

  • Bahan Konsumsi Yang Difermentasi

    Hal yang termasuk pada kategori ini adalah minuman beralkohol. Bir mempunyai kandungan yang sangat tinggi, sehingga sangat tidak diperbolehkan untuk orang yang mempunyai asam urat. Minuman beralkohol dapat memicu produk purin di dalam tubuh juga. Jadi, kondisi medis seseorang bisa menjadi semakin parah.

  • Makanan Olahan

    Makanan olahan sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat, apalagi makanan olahan yang dikeringkan. Makanan yang dikeringkan justru akan membuat konstrasi purin menjadi semakin tinggi. Hal ini akan berefek buruk bagi penderita asam urat.

  • Makanan Laut

    Ikan adalah sumber nutrisi yang begitu kaya dan bermanfaat untuk tubuh. Namun demikian, makanan laut tidak disarankan untuk penderita asam urat. Makanan-makanan laut mempunyai kandungan purin yang cukup tinggi, sehingga bisa membuat asam urat kambuh. Beberapa contoh ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, antara lain adalah ikan salmon, kakap, ikan trout, ikan kod, tuna, sarden, makarel, ikan teri, kerang dan yang lainnya.

  • Jeroan

    Jeroan menjadi makanan favorit untuk semua orang. Tetapi, orang-orang penderita asam urat sangat tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi jeroan. Kadar purin yang ada pada jeroan sangat tinggi dan dapat memicu kekambuhan asam urat. Sebetulnya, di dalam daging pun terdapat kandungan purin. Namun, purin yang ada di dalam daging lebih rendah dari pada yang ada pada jeroan. Daging biasanya masih diperbolehkan, tetapi harus sangat dibatasi.