Makanan sehat untuk ibu menyusui betul-betul harus menjadi perhatian penting. Air susu ibu merupakan nutrisi utama pada bayi di bawah 2 tahun. Nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi akan didapatkan pada air susu ibu, sesuai dengan makanan yang dikonsumsi oleh si ibu. Jadi, jika si ibu tidak mengkonsumsi makanan secara baik, maka nutrisi anak pun tidak akan baik.

Perhatikan Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Seorang ibu menyusui harus selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan, lebih bagus lagi jika konsultasi dengan ahli gizi. Hal ini sangat baik untuk mendapatkan rekomendasi dan saran-saran makanan, untuk memenuhi gizi saat sedang menyusui. Bayi akan membutuhkan nutrisi penting, karena pada usia tersebut adalah masa yang sangat vital dalam pertumbuhan. Jika asupan gizi kurang, maka pertumbuhan anak bayi akan terganggu. Perhatikan makanan-makanan yang disarankan untuk ibu menysui, di bawah ini :

  • Telur dan Ikan

    Kedua jenis makanan ini sangat mudah untuk kita dapatkan di sekitar kita. Kedua jenis makanan ini mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi, cocok untuk pemenuhan nutrisi ibu menyusui. Telur mempunyai kandungan vitamin D, sangat cocok untuk pertumbuhan tulang bayi. Pilihlah ikan yang mempunyai kandungan DHA tinggi, seperti salmon. Ikan dengan DHA tinggi bermanfaat untuk perkembangan syaraf bayi. Selain itu, bermanfaat juga untuk mengatasi stress pada ibu, setelah melahirkan.

  • Nasi Merah dan Gandum Utuh

    Asupan nasi sebagai karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu. Namun, ada kalanya kita bisa mengganti kebutuhan tersebut dengan gandum utuh dan nasi merah. Di dalam kedua makanan tersebut, terdapat kandungan serat yang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, di dalam dua makanan tersebut terkandung asam folat yang cukup tinggi.

  • Keju Pasteurisasi

    Makanan keju yang telah dipasteurisasi sangatlah lezat digunakan sebagai topping. Selain itu, namun ternyata keju yang telah dipeasteurisasi sangat bermanfaat untuk ibu menyusui. Di dalamnya, terdapat kandungan kalsium yang tinggi. Hal ini bermanfaat sekali untuk pertumbuhan gigi dan tulang pada bayi.

  • Jeruk

    Jeruk merupakan jenis buah-buahan yang sangat mudah didapatkan di sekitar kita. Jeruk mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan. Vitamin C bisa menjaga stamina kesehatan si ibu. Otomatis, jika si ibu sehat, maka asi yang dihasilkan akan berkualitas tinggi.

  • Kacang Merah

    Kacang merah sangat bermanfaat untuk ibu menyusui. Di dalamnya, terdapat kandungan zat besi dan protein yang tinggi. Dengan begitu, ibu dan bayi akan terhindari dari penyakit anemia. Fungsi protein mampu mengganti sel-sel yang rusak pada tubuh bayi dan ibu.

  • Bayam

    Bayam sangat terkenal di lingkungan kita, sebagai salah satu jenis sayuran yang sehat dan nikmat. Bayam banyak mengandung zat besi dan juga asam folat. Zat besi untuk mencegah anemia, sedangkan asam folat untuk membantu perkembangan kecerdasan buah hati Anda.

  • Daun Katuk

    Orang tua dahulu sering menyarankan ibu muda yang sedang menyusui, untuk mengkonsumsi daun katuk. Tujuannya adalah supaya produksi ASI bisa melimpah. Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan polifenol dan steroid yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI.

Menyusui merupakan anugerah bagi setiap ibu. Memutuskan untuk memberikan ASI eksklusif kepada buah hati, merupakan sebuah keputusan yang tepat. Meski bagaimana pun, memberikan ASI lebih baik dari pada diganti oleh susu formula mana pun. Ingat, ketika sedang menyusui harus mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui.