Makanan penguat kandungan tidak boleh disepelekan oleh setiap wanita yang sedang berusaha untuk bisa hamil. Kandungan yang lemah dapat menyebabkan gangguan pada janin dan proses kehamilan. Tidak jarang, orang yang mempunyai kandungan lemah mengalami keguguran berkali-kali, saat ia hamil. Hal ini tidak boleh disepelekan, karena jika dibiarkan begitu terus, keguguran bisa terjadi berkali-kali.

Konsumsi Makanan Penguat Kandungan

Ketika Anda ingin hamil atau bahkan sedang hamil, pemeriksaan ke dokter ahli kandungan merupakan suatu hal yang wajib dilakukan secara teratur dan berkesinambungan. Dokter akan memberikan tips dan saran-saran bagaimana agar kehamilan tetap lancar dan kandungan benar-benar sehat. Salah satu hal yang harus benar-benar dijaga adalah kuatnya kandungan. Jika kandungan dianggap lemah, maka dokter akan memberikan resep obat untuk menguatkan kandungan. Namun disamping itu, kita bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang dapat menguatkan kandungan dan menyehatkan kehamilan.

Berikut ini daftar makanan yang dapat menguatkan kandungan dan menyehatkan kehamilan :

  • Kacang Hijau

    Bahan konsumsi yang satu ini betul-betul sangat mudah untuk didapatkan di sekitar kita. Kacang hijau sering digunakan sebagai bahan berbagai makanan yang nikmat. Kacang hijau mempunyai berbagai nutrisi yang sehat dan bermanfaat bagi ibu hamil. Di dalam kacang hijau terdapat kandungan zat besi yang dapat mencegah anemia. Selain itu, kacang hijau juga dapat membantu janin untuk berkembang secara sehat di dalam kandungan.

  • Telur

    Siapa yang tidak suka telur? Makanan yang selalu dengan mudah kita dapatkan dan diolah sesuai dengan selera kita ini, mengandung gizi yang begitu bagus. Di dalam telur, terdapat kandungan protein dan omega-3 yang mempunyai manfaat untuk menguatkan kandungan. Banyak macam telur yang bisa kita konsumsi, antara lain adalah telur bebek, telur angsa dan telur ayam.

  • Kacang Kedelai

    Seperti yang disebutkan di atas, protein mempunyai manfaat untuk menguatkan kandungan. Kacang kedelai mempunyai kandungan protein yang begitu besar. Oleh karena itu, protein sangat cocok untuk dikonsumsi oleh wanita yang ingin mempunyai kandungan yang begitu kuat. Selain itu, di dalam kacang kedelai, kita bisa menemukan zat saponin, asam phytic dan zat isoflavon. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh. Oleh karena itu, Anda harus teratur mengkonsumsi tempe, sebagai menu makanan yang sehat.

  • Ikan

    Ikan mengandung omega-3 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kandungan dan janin. Ada banyak jenis ikan yang bisa Anda nikmati dengan berbagai resep hidangan lezat. Namun ingat, hindari makanan mentah, karena bisa mengandung banyak bakteri dan berbahaya untuk tubuh.

  • Brokoli

    Jenis sayuran ini sering disebut-sebut sebagai kelas nomor satu. Kandungan yang ada di dalamnya begitu kaya akan manfaat. Brokoli mempunyai kandungan vitamin C, folat dan kalsium. Brokoli ini bisa menjadi salah satu jenis sayuran yang sangat penuh akan manfaatnya, termasuk untuk menjaga kandungan yang bermasalah. Oleh karena itu, ibu hamil harus mengkonsumsi brokoli secara teratur dan berkesinambungan.

  • Yoghurt

    Olahan susu yoghurt memang tidak asing lagi di telinga kita. Di dalamnya terdapat berbagai manfaat, salah satunya bermanfaat untuk sistem pencernaan. Selain itu, yoghurt juga bisa sangat bermanfaat untuk memperkuat kandungan, karena di dalamnya terdapat kandungan protein dan kalsium.

Setiap wanita pasti ingin mempunyai kandungan yang kuat dan melahirkan anak-anak yang sehat dari rahimnya. Oleh karena itu, wanita yang hamil bisa berkonsultasi dengan dokter secara teratur dan mengkonsumsi makanan penguat kandungan.